Halaman

Kamis, 26 Juli 2012

MASAK AYAM GOTA


hmmmm..... :) 
Ini dia masakan yang buat kita rindu kampung halaman. Ayam gota sudah tidak asing lagi ditelinga, jenis masakan yang berasal dari Batak Toba ini, masih dengar judulnya pasti sudah ngiler. Khususnya bagi perantau jauh masakan khas Batak Toba tidak akan terlupakan, disamping rasa yang enak ayam gota lebih enak lagi jika dibumbui dengan andaliman.
Gota (bahasa Batak Toba) artinya darah. Gota umumnya dipakai dengan pengolahan yang berbeda pada masakan khas Batak Toba. Agar darah ayam tidak membuka dan tetap segar harus diberi garam dan perasan jeruk nipis.
Ayam gota tidak bisa terlepas dengan bumbu andaliman yang menciptakan cita rasa yang khas dari Batak Toba. Tapi bagi yang sulit untuk menemukan andaliman, seperti diluar negeri bisa menggunakan sichuan pepper. Andaliman yang memiliki rasa yang khusus yang terkadang tidak dapat diungkapkan dalam bentuk tulisan apapun.


Nah untuk menikmati masakan ayam gota disamping anda harus memiliki keahlihan memotong ayam, agar darah yang diperlukan dalam proses memasak nanti pas. Juga pilihlah ayam yang muda agar dagingnya lembut dan bergizi.

Setelah ayam dipotong dan dibului, kemudian dibakar diatas api agar menghilangkan bulu-bulu hasul. Sesudah itu kemudian dipoyong-potong susuai dengan kebutuhan. Tahap berikutnya adalah mempersiapkan bumbu secara terpisah, garam, cabe rawit, bawah merah, bawang putih, dan jangan lupa andaliman.

Siapkan kuali yang pas untuk menampung ayam yang sudah dipotong tadi untuk proses memasak berikutnya. Rebus ayam bersama bumbu yang sudah disiapkan sampai benar-benar matang, kemudian taburin dengan darah hingga mendidih. Bagi anda yang tidak menyukai darah, masakan ini bisa dibuat tanpa darah. Cukup menambahkan garam dan air jeruk nipis.

Apa menu makanan anda hari ini? Tunggu apalagi ayo masak ayam gota!

Bahan2:
1 kg  Ayam kampung, disembelih, dibului, potong2, bakar tanpa bumbu hingga matang
Darah dari 1 ekor ayam, campur dengan:
- 1 sdt Garam
- 2 buah  Jeruk nipis, peras, ambil airnya saja

Bumbu Halus:
15 gram  Sereh, dipotong2 kecil, disangrai
20 gram  Lengkuas, dipotong2 kecil, disangrai
10 gram  Jahe, dipotong2 kecil, disangrai
15 gram  Kunyit, potong2 kecil, disangrai
30 gram  Bawang putih, sangrai
65 gram  Bawang merah, sangrai
10-15 buah  Cabe rawit (atau secukupnya), digiling (buang bijinya jika tidak ingin terlalu pedas)
50 gram  Kemiri, disangrai, digiling
8 gram  Ketumbar, disangrai, digiling
8 gram  Andaliman, digiling (tidak perlu disangrai, buang ranting2 kecilnya)
1500 ml Air matang
1-1½ sdt  Garam (sesuai selera)

Cara Membuat:
1) Blender semua bumbu halus sampai menjadi pasta.
2) Panaskan air hingga mendidih. Masukkan bumbu halus, aduk rata.
3) Masukkan potongan ayam, rendam dengan bumbu. Biarkan selama ± 10-15 menit hingga kuah mengental. Tutup wajan dengan tutup panci (jika ada).
4) Beri garam. Aduk-aduk, masak hingga matang. Matikan api.
5) Segera kucurkan darah ayam yang sudah digarami. Aduk hingga benar-benar rata.
6) Sajikan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar